Rabu, 08 Maret 2017

FUNGSI VLOOKUP EXCEL


بسم الله الرّحمن الرّحيم

Kali ini mimin akan coba membahas tentang fungsi Lookup secara sederhana.

Fungsi Lookup pada Ms.Excel adalah untuk membaca data dalam sebuah tabel. Fungsi Lookup dibagi menjadi 2 macam, yaitu VLOOKUP dan HLOOKUP.



Vlookup digunakan untuk membaca data dalam tabel yang datanya disusun secara Vertical (tegak lurus).
Kita langsung aja terapkan dalam sebuah contoh. Perhatikan tabel data berikut :


Contoh Tabel
Pertama kita akan mencari Gaji berdasarkan Gol (Golongan). Caranya :
*   Simpan pointer pada cell C6 (Gaji Yoga).
*   Ketik =Vlookup(klik cell B6, sorot atau blok range Tabel Data <B15:E17>, tekan tombol fungsi F4 untuk meng-absolut-kan range Tabel Data sehingga menjadi $B$15:$E$17, ketik 2, karena Gaji ada pada kolom ke-2). Akhiri dengan menekan Enter.

Sehingga formula untuk mencari Gaji berdasarkan Gol adalah :
=Vlookup(B6,$B$15:$E$17,2)

Sedangkan untuk mencari Uang Makan, formulanya adalah sebagai berikut :
=Vlookup(B6,$B$15:$E$17,3) ==> karena Uang Makan ada pada kolom ke-3.

Coba carilah besarnya Tunjangan pada Tabel Data dengan menggunakan fungsi Vlookup.
Gaji Total adalah hasil penjumlahan dari isi cell C15 + D15 + E15. Formulanya adalah :
=SUM(C6:E6) akhiri dengan tombol Enter.

Jika sudah selesai, formula di atas dapat kita duplikasi kebawah.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat... :-)

Untuk fungsi Hlookup nya menyusul ya... hehe...

1 komentar: