Selasa, 03 April 2018

Fungsi RANK pada Excel

Secara default, fungsi RANK berguna untuk mengembalikan peringkat sebuah angka dalam satu daftar angka. Peringkat sebuah angka adalah besarnya angka tersebut yang relatif terhadap nilai lain yang ada pada daftar. (Jika Anda mengurutkan daftar, peringkat sebuah angka adalah posisinya.)

Sederhananya, RANK berfungsi untuk mengurutkan deretan angka baik secara ascending (kecil ke besar) atupun descending (besar ke kecil). Untuk pilihan ascending kita pilih order 1 (satu), dan untuk descending kita pilih order 0 (nol).

Berikut ini Anda bisa simak contoh sederhana penggunaan fungsi RANK pada Excel.
Buatlah tabel berikut :

Pada cell F5, ketik formula :
=RANK(E5,$E$5:$E$11,0) --> tekan Enter.

Penjelasan :
=RANK : Fungsi
E5 : cell yang akan dicari urutan rankingnya
$E$5:$E$11 : adalah Range refernsi E5 s/d E11 yang di-absolutkan (dikunci). Tanda $ menandakan cell atau range tersebut di-absolutkan.
0 (nol) : adalah order/pilihan yang meminta untuk mengurutkan angka secara descending (menurun, dari besar ke kecil).

Sehingga hasil yang didaptkan akan seperti berikut :
Kita tinggal menduplikat formula tersebut untuk mengisi cell di bawahnya (F6-F11). Kita bisa menggunakan fasilitas Autofill, dengan cara double klick pada tombol autofill di pojok kanan bawah cell. Perhatikan gambar di bawah.
Sehingga hasil akhirnya menjadi seperti berikut :
Klik DI SINI untuk melihat videonya.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar