Rabu, 14 Juli 2021

Menghilangkan Spelling and Grammar di Ms.Word 2013


Bagi Anda yang sering menggunakan Ms.Word untuk membuat dokumen, mungkin pernah mengalami hal seperti ini. Dimana dalam teks dokumen Word Anda terdapat garis merah atau garis hijau pada setiap kata yang Anda ketik dalam Bahasa Indonesia. Tapi ketika Anda mengetik dalam Bahasa Inggris, tanda garis merah atau hijau pun hilang. Apa yang sebenarnya terjadi?


Ms.Word defaultnya menggunakan Bahasa Inggris dalam interfacenya. Jadi jika kita mengetikkan kata yang tidak terdapat dalam kamus bahasa Inggris, maka akan diberi garis merah. Artinya kata tersebut tidak ada dalam kamus (Grammar) bahasa Inggris.
Jika ada kata yang diberi garis hijau, itu berarti ada yang salah dalam susunan kata, ejaan, atau penempatan tanda baca (Spelling). Contoh, penempatan tanda titik di akhir kalimat namun ada jarak spasi, maka akan diberi signal dengan garis hijau.


Gambar : Contoh teks yang salah dan benar menurut ejaan bahasa Inggris

Lantas bagaimana cara menghilangkan garis merah dan hijau pada Mw.Word? Baiklah, langsung saja kita bahas cara me-non aktif-kan fungsi Spelling and Grammar dalam Ms.Word. (Disini saya menggunakan Ms.Word 2013).

.  Klik tab File














.  Klik Options


























Pada kotak dialog Word Options yang muncul, klik opsi Proofing.

















.  Di kotak sebelah kanan, cari pilihan When correcting spelling and grammar in Word
.  Lalu buang seluruh tanda ceklist yang ada (lihat gambar di bawah).
















.  Akhiri dengan klik tombol OK.

Demikian cara menghilangkan fungsi Spelling and Grammar di Ms.Word 2013. Semoga bermanfaat.


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar